Pelatihan Apliksai Sistem Informasi Risbang DIKTI (Diseminasi DIKTI)

Pelatihan Apliksai Sistem Informasi Risbang DIKTI (Diseminasi DIKTI)

Direktorat Sistem Riset dan Pengembangan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek DIKTI Bekerjasama dengan Universitas Widyatama. Bandung 28-29 Oktober 2019.

Sesuai dengan amanat Undang-undang No 44 tahun 2015, Direktorat Penguatan Riset dan Pengembangan (Ditjen Penguatan Risbang), Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) secara berkesinarnbungan meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang merupakan 3 (tiga) unsur Tridharma Perguruan Tinggr (PT). Dalam mendukung progam ini, Ditjen Penguatan Risbang membangun berbagai sistem aplikasi sebagai basis data output dan luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di seluruh PT di Indonesia.

Sambutan Rektor Universitas Widyatama Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si.
Sambutan Rektor Universitas Widyatama Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si.

Sejak beberapa tahun terakhir, Ditjen Penguatan Risbang telah mengembangkan SIMPRN, TKT, Simlitabmas, Arjuna, SINTA dan modul lainnya. Simlitabmas merupakan sistem aplikasi pengelolaan penelitian dan pengabdian di lingkungan Ditjen Penguatan Risbang. Arjuna dibangun sebagai basis data jurnal yang diterbitkan di Indonesia. SINTA adalah sistem informasi berbasis web yang menawarkan akses cepat, komprehensif, dan mudah ke jurnal yang diterbitkan perguruan tinggi dan lembaga penelitian di Indonesia. SINTA juga mendata sitasi artikel yang mengukur kinerja peneliti, institusi dan jurnal di Indonesia. Semua aplikasi ini dikelola dan dikembangkan Direktur Sistem Riset dan Pengembangan (DSRP) Ditjen Penguatan Risbang. Semua sistem aplikasi yang dikembangkan adalah untuk digunakan di seluruh PT yang ada di lndonesia.

Sambutan Kepala LLDIKTI Wilayah IV Prof. Dr. Uman Suherman, AS., M.Pd.
Sambutan Kepala LLDIKTI Wilayah IV Prof. Dr. Uman Suherman, AS., M.Pd.

Usaha yang dikeluarkan untuk mengembangkan semua sistem ini akan sia-sia jika tidak disosialikasikan dengan baik kepada pengguna. DSRP memiliki kewajiban untuk mensosialisasikan semua sistem ini kepada pengguna PT. Setiap PT menugaskan beberapa operator untuk mensosialisasikan dan bahkan menangani pengelolaan masing-masing sistem di PT masing-masing.

Foto bersama peserta pelatihan Diseminasi DIKTI
Foto bersama peserta pelatihan Diseminasi DIKTI

Tujuan

Penyelenggaraan pelatihan sistem informasi risbang ini bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan kemampuan menggunakan aplikasi berbasis web SImlitabmas sebagai pengusul, reviewer dan ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada MAsyarakat (LP/LPPM).
  2. Meningkatkan pemahaman operator PT untuk dapat mengakses sistem aplikasi ARJUNA.
  3. Meningkatkan pemahaman operator PT untuk dapat mengakses sistem aplikasi SINTA.
  4. Meningkatkan pemahaman operator PT untuk dapat mengakses sistem aplikasi RAMA.
  5. Meningkatkan pemahaman operator PT untuk dapat mengakses sistem aplikasi ANJANI.
  6. Meningkatkan pemahaman operator PT untuk dapat mengakses sistem aplikasi GARUDA.

Comments are closed.